Search This Blog

Monday, April 1, 2013

Pantai Wediombo Gunung Kidul Yogya

Tempat Berbagi Informasi Pantai di Indonesia -Areanature


Pantai Wediombo Gunung Kidul Yogya


Terletak kurang lebih 30 km ke arah selatan kota Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten wilayah Tingkat II Gunungkidul. Asal kata Wediombo bhs jawa yang bermakna wedi : pasir dab ombo : luas, dan bila di satukan menjadi pantai yang pasirnya luas. Itu memang benar, pasir putih yang memproduksi teluk dan membentang ujung selatan ke utara dan menghadap ke barat amat luas.


Penduduk setempat memang mengungkapkan bahwa nama pantai ini yang didapatkan nenek moyang tidak cocok atau sepadan situasi nya. Ada yang mengungkapkan, pantai ini lebih cocok atau sepadan mempunyai sandangan nama Teluk Ombo, sebab situasi pantai memang menyerupai teluk yang lebar. Terdapat batu karang yang mengapit, air lautnya menjorok ke daratan, namun mempunyai luas yang lebih lebar dibanding teluk biasa.


pantai Wediombo kita akan dimanjakan panorama-panorama yang elok nan indah. Di sana kita akan dimanjakan susunan batu karang yang indah, tempat berbuat untuk tidak melihatkan dirinyanya ikan-ikan penghuni tepian pantai Wediombo. Kita dapat juga memancing di ketinggian bukit karang yang di tawarkan wisata Wediombo ini. sekarang ini type wisata yang bermula teraturitas memancing penduduk setempat ini tengah digemari para pehobby kota Yogyakarta dan Wonogiri. berbasickan penduduk setempat memperoleh ukuran ikan besar ialah tujuan utama para pehobby itu.


Bukan hal yang mudah untuk memancing di bukit karang, sebab mempunyai letak jauh pantai. Bukit karang itu baru bisa dikangkau sesudah berajaan keara timur menyusuri bibir pantai, naik turun karang hingga tepian pantai yang terjal,licin, dan kadang-kadang dihempas ombak besar, lantas naik lagi hingga puncak bukit karang yang langsung bertemu laut lepas yang dalam. Bagi yang telah terbiasa saja, ekspedisi menuju bukit karang bisa memakan waktu satu jam.


Pada sore harinya mata kita akan di konsentrasikan pada peristiwa alam di mana sang Matahari kembali ke peraduannya. tepian pantai Wediombo yang nasib baik menghadap ke arah barat, jadi kita akan bisa leluasa menyaksikan peristiwa indah ciptaan Allah SWT.


Di jarak sekitar 0m bibir pantai ada sepasang batu yang dimaksud BATU NGANTEN. Konon cerita penduduk batu itu senantiasa tampak sama walau pantai dalam situasi pasang atau surut. Jadi seolah-olah batu itu mengapung di laut tetapi tidak berpindah.


Panorama yang lain yang dijanjikan pada waktu itu wisatawan akan beranjangsana pantai Wediombo bukan sekedar pantai yang indah, tetetapi juga kita dapat berselancar disini. Tidak layaknya halnya pantai selatan di Pulau Jawa yang lain, pantai Wediombo mempunyai ombak besar yang amat cocok untuk berselancar (surfing), sehingga akan menambah cerita berselancar anda yang tidak terlupakan.


Kawasan pantai Wediombo di kelilingi pegunungan karst ditumbuhi berlimpah-limpah vegetasi tumbuhan keras. Lahan pertanian cukup luas diwilayah ini gara-gara memang sebagian besar penduduk bermata pencaharian Selayak petani. wujudnya pegunungan karst mengakibatkan terbentuknya beberapa gua-gua dan beberapa sungai bawah tanah yang ialah karakteristik khas topografi karst.


Anda tak akan kecewa jika beranjangsana ke Pantai Wediombo ini gara-gara di pinggiran pantai berdiri sarana yang lengkap layaknya lahan parkir yang luas, toilet yang cukup serta untuk memanjakan lidah disini telah dibangun warung-warung yang menjajakan aneka macam makanan, mulai makanan khas desa Jepitu, dan makanan jajanan warung pada umumnya.


Ada 6 gambar di dalam Pantai Wediombo Gunung Kidul Yogya info. Klik thumbnail di bawah ini untuk melihat seluruh 6 gambar high-res.


Terima kasih telah berkunjung, semoga artikel Pantai Wediombo Gunung Kidul Yogya bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Area Nature . All Rights Reserved