Search This Blog

Monday, April 1, 2013

Pantai Ujung Batee di Aceh yang luar biasa

Tempat Berbagi Informasi Pantai di Indonesia -Areanature


Pantai Ujung Batee di Aceh yang luar biasa


Pantai Ujung Batee condong ramai divisit pada pagi hari, dan ombaknya yang lembut bergulung saling berusaha untuk menjadi sejajar atau menyalip namun relatif tenang, menjadikannya tempat favorit pilihan para orang tua untuk membawa anak-anaknya berenang disini. Jaraknya tidak jauh Kota Banda Aceh, cuma 20 menit bila ditempuh kendaraan pribadi, Dalam ekspedisi menuju pantai ini, pengunjung melihat benteng Indra Parta yang ialah salah satu benteng peninggalan berhistori. disamping itu, panorama sepanjang jalan juga asri, tak ramai & berpolusi.


Kendaraan umum pun melewati tempat pantai ini.asirnya yang landai dan berpasir hitam bikin anak-anak paling asyik bikin istana pasir dan berlama-lama bermain kejar-kejaran ombak. Di beberapa titik pantai Ujung Batee yang memanjang tetap bisa terlihat sisa-sisa peninggalan benteng Indra Parta yang sudah terendam air laut.


sesudah tsunami, pantai ini menjadi sedikit unik. Bila berjalan menuju arah laut, maka semakin lama pasti akan semakin dalam. Tapi, di pantai ini, ada bagian di mana bila berjalan menuju arah laut, semakin dangkal air nya. Bukan bermakna semakin menuju laut semakin dangkal cuma sebagian saja (jarak dangkalnya sekitar 0 meters saja)


Ini tak langsung tunjukkan bahwa pantai tersebut alami abrasi, pengikisan perlahan namun pasti. nikmati matahari pagi sembari bersantai di kerimbunan beberapa pohon pantai yang tetap bertahan terjangan tsunami dua tahun lalu, terasa menenangkan hati. Anginnya yang semilir makin membuai perasaan yang nyaman memandang birunya langit dan lautan.


Pantai Ujung Batee ini berlangsungkan di Kecamatan Mesjid Raya, Banda Aceh. Pantai ini sering divisit waktu weekend maupun hari libur gara-gara tempat nya yang tidak terlalu jauh kota Banda Aceh (ialah sekitar 17 km atau sekitar 20-30 menit bila memakai kendaraan pribadi). Pantai ini akan lebih ramai divisit pada pagi hari (bukan bermakna sepi di siang atau sore hari) sebab panorama matahari terbit (sunrise) waktu indah.


Dalam ekspedisi menuju pantai ini, pengunjung melihat benteng Indra Parta yang ialah salah satu benteng peninggalan berhistori. disamping itu, panorama sepanjang jalan juga asri, tak ramai & berpolusi.


sesudah tsunami, pantai ini menjadi sedikit unik. Bila berjalan menuju arah laut, maka semakin lama pasti akan semakin dalam. Tapi, di pantai ini, ada bagian di mana bila berjalan menuju arah laut, semakin dangkal air nya. Bukan bermakna semakin menuju laut semakin dangkal ya!! cuma sebagian saja (jarak dangkalnya sekitar 0 meters saja).


awalannya saya terkaget-kaget melihat sekelompok orang bermain sepakbola di tengah lautan, saya pikir ada dibangun sesuatu tembok atau pembatas di sekitar situ agar mereka bisa bermain bola, tapi sesudah menanya ke orang sekitar, terbukti itu ialah gundukan pasir yang berpindah tempat pinggir pantai.


Lalu, gara-gara penasaran, saya mencari jalan berjalan menuju gundukan pasir.. memang awalannya semakin dalam (bahkan dalamnya sekitar 120-130meters) namun perlahan-lahan semakin dangkal dan Datang lah saya ke tempat gundukan tersebut. terasa layaknya berjalan diatas air..hehehehe..


Tapi sesudah itu, jangan coba-coba berjalan terlalu jauh ya..sebab bisa Kelelap. Konon katanya, sesudah gundukan tersebut, ada pasir hidup yang siap mengisap..


Sepanjang jalan Ujong Batee ke Banda Aceh, terlihat Kedai-kedai desa yang buka maupun telah tutup. cuma satu dua orang pria duduk sembari merokok di depannya.


ada tempat namanya Restoran Ujung Batee,di Jl. Raya Krueng Raya Km 20,pinggir pantai Ujung Batee,yang mendagangkan makanan udang, ikan bakar,dll. sana , …view nya amat bagus sembari santai menghadap pantai Ujung batee


Ada 7 photo di dalam Pantai Ujung Batee di Aceh yang luar biasa cerita. Klik thumbnail di bawah ini untuk melihat seluruh 7 photo high-res.


Terima kasih telah berkunjung, semoga artikel Pantai Ujung Batee di Aceh yang luar biasa bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Area Nature . All Rights Reserved