Search This Blog

Monday, April 1, 2013

Pantai Leli Pulau Rote – Seindah Namanya

Tempat Berbagi Informasi Pantai di Indonesia -Areanature


Pantai Leli Pulau Rote – Seindah Namanya


“Leli”, kedengarannya layaknya nama seorang wanita cantik n anggun. Kalau yang mendengarnya pecinta flora, pasti yang dibayangkan ialah putih, lembut dan harumnya bunga Lili. Nah, kalo ini ialah sesuatu tempat, cuma ada satu yang akan terus terkenang dan kurindukan anggunnya, cantiknya, putihnya, lembutnya, kilaunya, seksi bentangannya dan memang inilah yang akan kuceritakan: “Pantai Leli”.


Pantai Leli terletak di Pulau Rote, tepatnya di kecamatan Rote Tengah. Pulau kecil yang indah ini terletak di Provinsi NTT, di ujung Selatan Indonesia tercinta. Dikelilingi pantai2 nan eksotis ialah kelebihan yang semestinya dibanggakan pulau ini. menimpa pantai Leli, jalur ke Pantai tidak jauh pusat sekitar kota (Ba’a) dan tidak jauh juga Tempat Tinggalku. Kalau speedometers motor tunjukkan angka 30km/jam, cuma perlu lakukan tepuhan ekspedisi 10 menit, kita sudah Datang di Pantai seksi (seperti itu aku menyebutnya) ini.


sekian banyak Pantai di Pulau Rote (tak ada yang tidak luar biasa seluruh pantai itu), ini ialah Pantai yang paling banyak kudatangi tujuan “bersantai”. pada waktu itu sepupu-sepupuku luar pulau datang, pantai ini jugalah yang senantiasa pertama kali kukenalkan.


Pantai pasir putih ditaburi cangkang2 kerang mungil sepanjang ±1,5km ini dibingkai jalan raya Ba’a-Rote Tengah, sehingga kita bisa nikmati keindahannya sekalipun tidak turun kendaraan. Tapi percayalah, kaki anda akan amat memberontak Apa bila Anda mengurungnya dalam kendaraan dan tidak merasakan pijakan diatas pasir Leli yang berkilau.


Di ujung bentangan pantai ialah masing-masing bukit kecil yang hijau yang terbentuk batu2 besar beragam ukuran tertumpuk membuat jadi satu daratan dan menjorok ke laut layaknya menjaga pantai ini diantaranya. Ujung yang satunya itu langsung mempunyai sambungan Batu Termanu (kawasan Batu Termanu sendiri ialah salah satu pantai yang populer sungguh indah). Jadi Pantai Leli ini ialah tetangga dekatnya Pantai Batu termanu. Sebagian orang lebih suka Batu Termanu dan menganggap Leli cumalah bonus atau artinya dessert kalo Batu Termanu ialah makanan utamanya, but not for me. Buatku Leli lebiiiiiihhhh indah (beda orang beda selera ya ).


Kembali ke tadi mengapa kusebut pantai ini “seksi”… karna bibir pantainya meliuk-liuk panjang, jika dipandang ujungnya, amat cocok atau sepadan liukannya layaknya 3 ular gendut biru, putih dan hitam yang lagi malas-malasan; yang biru itu laut, yang putih bersinar itu pasir putih dan yang hitam mengkilap itu aspal jalan raya. Ditambah batu-batu karang (atol) berdiri tak beraturan layaknya diserakkan tangan seseorang sepanjang garis batas surutnya air laut. Tegak berdiri di sana dihempas ombak masa ke masa bikin batu2 itu langsing di tengahnya layaknya payung2 gendut memayungi ikan2 mungil dan kepiting yang banyak berenang dinaungannya. Pantai ini juga ialah tujuan favorit nelayan setempat melacak ikan.


infonya ikan amat berlimpah disini, dan sudah kubuktikan sendiri waktu ikuti para tukang pukat beberapa 3 minggu yg lalu,, ikannya emang banyak banget, bahkan ada penyu yg terdampar. Sayangnya penyu itu terpaksa selesai di tangan nelayan,, kasian juga, harusnya dilepas lagi, but … (imagine when u’re just alone, standing with them whose laugh at what u says, so poor ?). disini juga ada terumbu karang mungil2 yang cantik2. Tapi kalo mau melihatnya harus basah2an.. karna agak didalam mempunyai letak, minimal basah selutut sudah bisa nikmati terumbu2 karang itu.


pada waktu itu menginjak kaki di pasir putihnya, percaya atau tidak, layaknya dikomando tangan kita akan langsung bergerak mengambil yang ada cangkang2 mungil mempunyai warna-warni di bawah kaki gara-gara benda itu amat amat berlimpah-limpah terentang sepanjang kaki memijak. yang warnyanya seragam hingga yang antik-antik, yang layaknya batik, yang layaknya lukisan, yang polos mengkilap, beragam macam motif dan warnanya yang tidak tau mana datangnya, terlalu sayang untuk dilewatkan seperti itu saja. Bahkan kita bisa mengambil yang ada cangkang2 itu di tepian laut yang dangkal, gara-gara airnya amat amat jernih, jelas sekali melihat cangkang2 itu atas. Setiap kali ombak menghempas menamatkan ekspedisinya di daratan, waktu itu juga cangkang2 ini terhempas terdampar memproduksi eks cakaran ombak di bibir pantai. By the way, kalau amat terpesona, b pungut beberapa buat dibawa pulang tapi jangan sampe berkantong2 ya, eksploitasi itu namanya. Hehe…


Dan yang paling luar biasa pantai ini ialah pada waktu itu sunset. Wow,, terlalu indah dan sayang terasa kalo mata berkedip ?. Matahari utuh merah-orange-kuning dipayungi awan2 pelangi yang menamatkan ekspedisinya di balik lautan biru kehitaman diantara atol2 kokoh yang agak angker terlihat berpasangan bayangannya di tengah suasana pantai yang sepi teduh dan perahu2 kecil para nelayan yang mengitari lingkaran sunset dikejauhan sana Siapkan pukatnya untuk menangkap ikan malam hari, that’s it, sun set di Leli. Memang, sekalipun beribu kata untuk menggambarkan pantai ini, takkan sebanding sekali sapuan melihat mata mata sendiri, layaknya lezat coklat itu cuma benar2 terasa pada waktu itu kakao massa itu meleleh dalam mulutmu. welcome to Leli .


dicatat : Johana ataupah


http://www.ataupahfamzz.situs atau blogspot.com


Ada 4 potret di dalam Pantai Leli Pulau Rote Seindah Namanya info. Klik thumbnail di bawah ini untuk melihat seluruh 4 potret high-res.


Terima kasih telah berkunjung, semoga artikel Pantai Leli Pulau Rote – Seindah Namanya bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Area Nature . All Rights Reserved