Search This Blog

Monday, April 1, 2013

Pantai Atuh Bali – Pasir Putih yang tersembunyi

Tempat Berbagi Informasi Pantai di Indonesia -Areanature


Pantai Atuh Bali – Pasir Putih yang tersembunyi


Pantai Atuh ialah pantai yang dianugerahkan Dewata untuk siserta apa pun yang datang ke Bali. Pantai ini mempunyai pasir putih yang indah dan lembut sehingga bikin betah siserta apa pun yang beranjangsananya. Memang perlu sedikit usaha untuk menggapai nya yakni ditempuh berjalan kaki melewati tegalan dan tebing yang cukup curam namun memberikan panorama yang indah, tapi segala panorama dan keindahan Atuh yang amat memukau dibayar rasa capek dan lelah anda sesudah berjalan jauh.


Di depan Pantai terdapat dua pulau kecil yang sering dikenal nama Batu Abah. Pantai ini membentang kurang lebih 500 meters dan dibatasi langsung atol dan dua pulau kecil di depannya. Di salah satu pulau kecil ini terdapat pura yang disucikan. penduduk lokal sering memakai pulau ini untuk memancing. Di tepi pantai juga terdapat Pura yang diempon beberapa Banjar. Di Pura inilah salas satu tari sakral dan cuma satu didunia dipentaskan, ialah Jangkang Pelilit. Tarian ini ialah gambaran tarian keTentaraan pada jaman dahulu.


Diujung Timur Tanjung Juntil serta juga diujung Timur Gili Padasan terdapat tempat memancing yang amat ideal gara-gara didepan ke-2 tanjung tersebut dilewati arus bolak-balik Utara ke Selatan (dan kebalikannya) yang diikuti delegasi/ Kawanan ikan bersklala ikan besar dan kecil, terlebih sesudah dan sebelum Purnama dan sekian hari sebelum dan sesudah Tilem atau bulan mati, hari-hari tersebut ialah surganya bagi pemancing mania di ukung Timur Tanjung Juntill ini.


DiDibagian Selatan Labuhan Ampuak terdapat Goa Alam, terdapat juga sarang Burung Walet yang berada diatas goa, komoditi yang amat langka dan amat mahal harganya bila dijual. Didaratan Lembah Atuh situasi tanahnya amat subur dan amat alami, disini juga terdapat sesuatu Pura Atuh, sesuatu Pura fresha, spesial pemujaan kepada Dewa Baruna ( Pura fresha ) yang piodalannya dikerjakan setiap sasih Kedasa ( Bulan Ke10 ) penanggalan bali (Isaka) di mana penduduk datang penjuru Desa dan Banjar Bendem, Desa Tanglad dan lain-yang lain.


Disekitaran pantai ini juga ada dua sumur yang sudah tua dan berlumut. Dua sumur ini seperti itu disakralkan penduduk setempat. Konon,  sumur tua ini menjadi tulang punggung penduduk untuk mencukupi beragam keperluan akan air satu hari-harinya sebelum wujudnya Perusahan wilayah Air Minum (PDAM). Dulunya , sumur ini jarang kering sekalipun di musim kemarau panjang, gara-garanya perannya amat vital dan amat diperlukan bagi penduduk setempat pada waktu itu masa itu.


Pantai Atuh amat kondusif bagi Anda untuk menyepi dan menyendiri melacak wangsit, ide, atau semata-mata untuk menenangkan diri kepenatan dikarir anda. bernasib baik posisi pantai ini tersembunyi sehingga kealamian dan kebersihannya tetap amat terjaga gara-gara memang belum banyak orang atau para pengunjung yang mendatangi nya. Ombak di Pantai Atuh lumayan besar gara-gara bertemu langsung laut lepas. Karenanya diperlukan kehati-hatian yang ekstra jika ingin berenang. Dan jika membawa anak-anak, diinginkan orang tua mengikuti dan memperdulikan anak tersebut pada waktu itu berenang jarak cukup jauh di pantai


tempat Pantai Atuh


Pantai Atuh berada di Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, Bali. Untuk menggapai Pantai Atuh bisa dikerjakan kendaraan roda dua atau berjalan kaki sekitar 45 menit menyusuri tegalan dan tebing bukit yang bisa dikatakan amat curam namun memberikan panorama indah jika dipandang.


Ada 3 photo di dalam Pantai Atuh Bali Pasir Putih yang tersembunyi posting. Klik thumbnail di bawah ini untuk melihat seluruh 3 photo high-res.


Terima kasih telah berkunjung, semoga artikel Pantai Atuh Bali – Pasir Putih yang tersembunyi bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Area Nature . All Rights Reserved