Search This Blog

Monday, April 1, 2013

Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur

Tempat Berbagi Informasi Pantai di Indonesia -Areanature

Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur


Pantai Klayar Pacitan ialah salah satu pantai yang terletak di kabupaten Pacitan (Jawa Timur), tepatnya di kecamatan Donorojo. Pantai ini tetap cukup asri gara-gara belum terlalu amat banyak yang beranjangsana ke pantai ini. Pada musim lebaran tempo hari (tahun 2010) pantai ini sudah lebih ramai dibanding kunjungan saya tahun 09. Di luar musim lebaran pantai ini tetap relatif sepi.

Hamparan pasir putih yang luas membentang, lembut sekali pasirnya. Lintasan geologi di sekitar Pantai Klayar mempromosikan pemahaman kepada morfologi pantai yang be affected susunan geologi dan gejala pengangkatan aktif pantai selatan. Pengangkatan ditunjukan tersingkapnya endapan batu-gisik (beach-rock), yang sebagian permukaanya ditutupi rumput laut.

Di pantai pasir putih ini Anda juga bisa nikmati panorama yang cukup memberikan tarikan. Di sisi barat, Anda dapat naik ke atas bukit untuk melihat panorama ke arah laut lepas atau panorama di sekitar pantai Klayar. Di sisi timur Anda dapat naik ke batu karang. Di tempat ini terdapat setype air mancur yang mempunyai asal lubang batu karang yang terkena hempasan ombak pantai selatan.

Efek blow pipe di pantai ini membuat hasil semburan air setinggi belasan meters yang diikuti bunyi melengking. Semburan sama juga geyser. Ini berlangsung periodik.

Fenomena itu disebabkan tertekannya air laut dan udara yang terjebak di dalam gelombang di sepanjang retakan batuan gelombang. Abrasi yang mengikis bongkahan batuan memproduksi aneka ragam bangun yang dimaksud tafon

Tipikal pantai Klayar ialah pantai yang bisa di nikmati sisi panorama dan suasananya, bukan tipikal pantai yang cocok untuk berenang. Kalau Anda gembira dunia photografi, pantai ini cocok untuk diabadikan dalam kamera.

disamping itu juga ada air mancur alam .Air mancur ini berlangsung gara-gara gelombang gencetan udara di laut yang memukul batu batuan berongga. Ketinggian air mancur yang bisa menggapai sekitar 10 meters dan bisa membuat hasil gerimis dan embun air laut ini, penduduk sekitar diyakini mempunyai mutu spesial Selayak obat awet muda.

Jarak pantai Klayar Yogyakarta kurang lebih sekitar 110 km, route Jl. Wonosari Pathuk Wonosari Pracimantoro Giritontro yang ditempuh kurun waktu sekitar tiga jam. Mengingat pantai Klayar ini belum dilalui angkutan umum, maka untuk menuju tempat ini Anda harus memakai kendaraan pribadi layaknya motor atau mobil. jalan utama Pracimantoro Pacitan, Anda bisa belok ke kanan (ada papan petunjuk arahnya). Jarak situ ke pantai Klayar tetap kurang lebih 20 km. Beberapa bagian jalan menuju pantai Klayar banyak jalan yang berlubang, jadi Anda mesti berhati-hati.

Diantara beberapa pantai lain di Pacitan, berbasickan saya pantai Klayar ialah pantai yang paling menarik panoramanya. Anda yang menyukai wisata pantai dijamin tidak menyesal beranjangsana pantai ini :

Sekilas tentang pantai Klayar Pacitan:

* Belum ada penginapan* Sudah ada beberapa warung makan yang menyajikan bakso, mie ayam dan soto* Untuk masuk ke pantai Pacitan dikenakan tarif sekitar Rp 6.000,- (satu motor plus dua orang)* Belum ada angkutan umum menuju pantai Klayar

Ada 6 photo di dalam Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur info. Klik thumbnail di bawah ini untuk melihat seluruh 6 photo high-res.

Terima kasih telah berkunjung, semoga artikel Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Area Nature . All Rights Reserved